“Nasi Grombyang” Original Food From Pemalang Indonesia

Kuliner Nasi Grombyang PemalangHallo para pecinta kuliner indonesia begitu luas kaya negara indonesia dari luas wilayah, budayanya, wisatanya bahkan tak terkecuali makanannya pastinya.Turis dari luar negeri biasanya mengetahui indonesia dari pulau bali, yap karena di pulau tersebut penuh dengan kekayaan wisatanya. Selain itu warga indonesia yang terkenal ramah dan suka menolong juga menjadi daya tarik turis datang ke Indonesia.

Jadi selain Pulau Bali dimanakah tempat yang Indah dan Asyik dikunjungi dimanakah? Yup “Pemalang” merupakan Salah satu tempat yang cocok dikunjungi yang ingin memburu pemandangan laut, gunung dan wisata kuliner. Dalam kesempatan ini aku ingin berbagi cerita tentang makanan kulinernya yang bernama “Nasi Grombyang”. Nama nasi grombyang sendiri diambil dari cara penyajiannya, karena kuah lebih banyak daripada isinya, maka kuah tersebut bergoyang-goyang (dibaca bahasa jawa: grombyang).
Nasi Grombyang hampir sama seperti soto daging biasa. Tetapi yang membedakannya yaitu bumbunya yang memiliki citarasa manis, daging yang di pakai pun merupakan daging kerbau. Dalam penyajian grombyang biasanya juga disuguhkan tambahan sambal untuk pecinta pedas dan kecap untuk menambah cita rasa manisnya . Selain itu juga ada  pelengkapnya yaitu sate kerbau yangsudah dimasak seperti “semur” yang menambah lezat dan selera orang yang memakannya. Ada beberapa jenis sate yang disajikan seperti sate daging kerbau, sate babat, dan masik banyak lagi.
kuliner Sate Kerbau Pemalang
Untuk satu porsi nasi grombyang ini harganya 15.000 rupiah dan untuk harga satenya yaitu 5.000 rupiah. Untuk minumannya ada beberapa macam ada teh hangat, es teh manis, es jeruk dan jeruk hangat. Sesuaikan dengan yang kamu sukai. Warung – warung yang menawarkan nasi grombyang mudah untuk ditemui di Pemalang, apalagi di sepanjang jalan RE martadinata serta di alun – alun kota Pemalang. Untuk akses menuji kesana pun cukup mudah jika anda ke Pemalang melalui jalur pantura(dibaca: pantai utara), anda akan menemikan perempatan lampu merah pagaran, dari situ anda belok ke kanan hingga sampai perlintasan kereta api. Setelah melewati perlintasan rel tersebut nah anda telah sampai di Pasar Anyar. Dan jalan RE martadinata terdapat di selatan pasar tersebut. Sekian cerita dari saya mengenai “Nasi Grombyang”, ditunggu ulasan kuliner dari saya.
Terimakasih

Salam Indonesia

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *